Evolusi Iklan Radio Komersial di Amerika Serikat
Di Amerika Serikat, stasiun radio komersial terutama menghasilkan pendapatan dengan menjual waktu tayang untuk iklan. Iklan ini, biasanya dalam bentuk “iklan spot”, adalah segmen pendek yang biasanya berlangsung tidak lakeshoresignsla.com lebih dari satu menit. Namun, versi tambahan dari iklan ini, seringkali berkisar antara 45 hingga 60 menit, disebut sebagai “infomersial”, menawarkan konten yang lebih rinci dan wawasan yang lebih mendalam tentang produk atau layanan yang dipromosikan.
Komisi Komunikasi Federal (FCC), yang didirikan di bawah Undang-Undang Komunikasi tahun 1934, mengatur penyiaran komersial, dengan undang-undang yang sebagian besar tetap tidak berubah sejak Undang-Undang Radio tahun 1927. Pada tahun 2015, radio menyumbang 7,8% dari total pengeluaran media di AS.
Sementara iklan komersial oleh layanan audio saat ini adalah hal biasa, akarnya membentang lebih jauh, ke akhir 1800-an sebelum munculnya penyiaran radio. Pada tahun 1893, layanan berbasis telepon Telefon HÃrmondó, yang didirikan di Budapest, Hongaria, mulai menjual tempat iklan dua belas detik untuk masing-masing satu forint untuk menjangkau pelanggan.
Stasiun radio pertama muncul pada akhir 1800-an menggunakan pemancar percikan dasar, yang terbatas pada transmisi kode Morse. Pada awal 1900-an, pemancar yang lebih canggih yang mampu menyiarkan audio dikembangkan. Meskipun ini awalnya digunakan untuk komunikasi point-to-point, eksperimen radio dengan cepat berkembang untuk mencakup siaran berita dan hiburan. Beberapa siaran pertama, pada dasarnya, adalah iklan untuk stasiun itu sendiri dan teknologi baru.
Contoh awal periklanan di radio terjadi pada Juli 1912 ketika Charles Herrold di San Jose, California, mulai membuat siaran mingguan dari sekolah tekniknya. Siaran ini menampilkan rekaman fonograf yang disediakan oleh perusahaan Wiley B. Allen dengan imbalan penyebutan di udara.
Tren ini berlanjut pada musim gugur 1916, ketika De Forest Radio Telephone & Telegraph Company mengoperasikan stasiun eksperimental, 2XG, di New York City. Lee de Forest mengatur untuk menyiarkan rekaman fonograf yang disediakan oleh Columbia Gramophone Company dengan imbalan perusahaan yang disebutkan di udara. Siaran debut ditayangkan pada 26 Oktober 1916, dan termasuk transmisi berita harian yang diselingi dengan musik Columbia. De Forest juga menggunakan platform ini untuk mempromosikan produk De Forest Radio Co., meskipun dia kemudian berhenti mengiklankan produknya setelah umpan balik dari para insinyur di Western Electric.
Penyiaran radio berhenti pada April 1917 ketika Amerika Serikat memasuki Perang Dunia I, dan pemerintah memberlakukan larangan stasiun radio sipil. Larangan itu dicabut pada Oktober 1919, dan siaran promosi dilanjutkan. Contoh penting termasuk siaran insinyur Westinghouse Frank Conrad melalui stasiun eksperimental 8XK, dengan imbalan persediaan rekaman dari Brunswick Shop. Contoh lain adalah siaran dari stasiun Precision Equipment Company 9XB di Cincinnati, yang disponsori oleh Randolph Wurlitzer Company, yang menampilkan rekaman Victor yang akan dirilis pada November 1920.
Namun, ketika penyiaran radio mendapatkan momentum pada tahun 1920-an, industri rekaman menjadi khawatir bahwa siaran ini sebenarnya mengurangi penjualan rekaman. Akibatnya, siaran promosi ini memudar tak lama setelah adopsi radio secara luas.
Saat ini, iklan radio komersial terus berkembang, memainkan peran penting dalam lanskap media, dengan format yang lebih formal dan terstruktur daripada sebelumnya. Fondasi yang diletakkan oleh eksperimen awal dalam iklan radio mengatur panggung untuk sistem penyiaran berbasis iklan yang canggih yang telah menjadi landasan industri radio.